Detail Berita

Image

Selasa (20/3), Pusat Karir dan Tracer Study (PKTS) Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) menggelar pembekalan calon wisudawan dan open recruitment. Bertempat di Aula Ki Moh. Saleh, kegiatan ini diikuti sekitar 400 mahasiswa yang akan diwisuda, (31/3) nanti. Dibuka oleh Wakil Rektor 3, Suyanto mengatakan dalam sambutannya agar calon wisudawan bersiap menghadapi tuntutan dunia kerja. “Saya harap calon mahasiswa yang datang disini benar-benar memperhatikan arahan dari narasumber yang sudah didatangkan. Narasumber ini telah memiliki pengalaman matang di dunia kerja”, ujar doktor bidang manajemen ini.

Diikuti sekitar 400 calon wisudawan Unitomo, kegiatan ini mendatangkan Management for Indonesia FH. des Mittelstands University of Applied Sciences, Johanes Kembuan dan East Java Regional Manager International Test Center, Lenni Elvira. Dalam paparannya, Lenni Elvira salah satu narasumber memberikan wawasan dunia pekerjaan sekarang ini banyak merambah dunia digital. “Ini sudah zamannya kita harus melek digital, hampir semua perekrutan calon karyawan sekarang ini berbasis internet dan media sosial”, ujarnya memberikan paparan.

Berbeda dengan Lenni, Johanes Kembuan memberitahukan kepada seluruh peserta bahwa sekarang ini dalam mencari pekerjaan dibutuhkan sertifikat, bukan hanya berstandart nasional melainkan juga internasional. “Dari 25 perguruan tinggi swasta di Indonesia, Unitomo termasuk salah satu yang mendapatkan hibah dari Deutscher Akademischer Austauschdienst (DAAD) Jerman. Jadi kesempatan yang baik ini harus benar-benar kita manfaatkan,” ungkapnya.

Ditemui di sela kegiatan, Ketua PKTS Unitomo, Siska Armawati Sufa menjelaskan kegiatan ini bertujuan untuk membekali calon wisudawan dalam meniti karir. “Kita membekali mereka dalam hal kompetensi serta arahan untuk mereka mengembangkan karir. Membukakan peluang kepada calon wisudawan untuk mengembangkan karir di beberapa perusahaan yang telah berkerjasama dengan PKTS Unitomo”, kata Siska.