Detail Berita

Image

Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pengabdian Masyarakat Unitversitas Dr. Soetomo (KKN-PPM Unitomo) 2018 yang telah berlangsung sejak Rabu (01/08) lalu, kini memaparkan sejumlah program unggulan dari masing-masing desa Sabtu (04/08). Bertempat di Balai Kecamatan Omben Kabupaten Sampang, paparan peserta KKN disaksikan Jonathan Judianto, Bupati Sampang; Segenap Sivitas Akademika; Rudy Setiady, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Sampang; serta Tony Moerdiwanto, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sampang.

Dalam sambutannya, Rektor menyampaikan peserta KKN telah menunjukkan hasil kinerja pengabdiannya di 14 Desa yaitu Desa Rong Dalem, penyuluhan UMKM pada pengrajin Tikar; Rapa Daya, membuat teknologi antena televisi dengan biaya yang ekonomis; Rapa Laok, membuat website untuk pemasaran keripik daun kelor; Tambak, membuat bolu berbahan dasar jagung; Omben, membuat es krim kaya serat berbahan dasar jagung; Angsokah, mengajarkan warga membuat dawet siwalan; Temoran, memberikan sosialisasi pembuatan pembangkit listrik tenaga surya; Kamondung, memberi pengajaran warga pembuatan keripik dan bola-bola ubi; Madulang, memberikan warga pemahaman blog dan membuat company profile potensi desa; Meteng, membuat rujak singkong; Gersempal, memanfaatkan sekam untuk pupuk organik; Sogian, mengajarkan membuat nugget lele; Napo Laok, membuat selai kacang untuk UMKM; dan Kebun Sareh, membuat lubag biopori. “Selama 3 hari di kecamatan Omben, hasil ini akan memberikan manfaat bagi masyarakat. Hingga tanggal 7 nanti, semoga program ini lebih optimal agar membuat bangga pak Suyanto, Camat Omben karena bisa memberikan hasil positif bagi warganya”, ujar Amiq.


Amiq menambahkan, meskipun berlangsung secara singkat, kegiatan KKN akan ditindak lanjuti dengan Tri Dharma Perguruan tinggi. “Hubungan Unitomo dengan Kabupaten Sampang sangat dekat, kedepannya kami akan terus berkiprah dibidang Tri Dharma di daerah ini sesuai Persetujuan Kerja Sama dengan Bappeda Sampang”, imbuhnya.

Sementara itu, Suyanto, Camat Omben mengaku kedatangan mahasiswa KKN Unitomo banyak memberikan manfaat bagi warganya. Masyarakat omben dikenalkan beberapa inovasi teknologi untuk mengangkat potensi desa hingga peningkatan ekonomi kreatif. ”Mahasiswa Unitomo sangat cepat beradaptasi dengan masyarakat sekitar, ini menjadikan program-program yang telah dibuat mampu dilaksanakan dengan baik daan mendapat dukungan serta antusiasme warga desa”, ungkapnya.

Kunjungan Pimpinan Unitomo beserta Bupati Sampang ini diisi serangkaian kegiatan. Mulai dari diresmikannya perpustakaan Umum di Desa Madulang, penanda tanganan Persetujuan Kerja Sama (PKS) antara masing-masing Desa dengan 8 Fakultas di Unitomo hingga launching website potensi desa karya mahasiswa KKN Desa Madulang yang diresmikan Jonathan Judianto, Bupati Sampang. (Team)