Detail Berita

Image

Sabtu, (21/7) bertempat di Auditorium RM. Soemantri Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) gelar kuliah umum tentang Kajian Manajemen Komunikasi terkait Pengelolaan Resiko Komunikasi di Era Disruptif (Managing Risk Communication in a Disruptive Era).
Kuliah Umum yang di narasumberi langsung oleh Maria R. Divinagracia dekan CBIBE Philippine Women University ini dihadiri 90 mahasiswa prodi magister manajemen ilmu komunikasi Unitomo.
Dalam kuliahnya Maria banyak menjelaskan tentang beberapa konsep manajemen komunikasi serta beberapa teori dan fenomena akibat berita hoax di Filipina yang mengganggu proses komunikasi.
“Penyampaian akan informasi begitu cepat dimana setiap orang telah dengan mudah memproduksi informasi, dan informasi yang begitu cepat tersebut melalui beberapa media sosial dengan tanpa di filter dengan baik”, ujarnya.
“Berita hoax sering menimbulkan keresahan dan kepanikan pada masyarakat. Harus ada cara untuk menanggulanginya. Disinilah peran pemerintah sebagai regulator dan akademisi untuk membuat pengembangan konsep manajemen komunikasi agar informasi dan berita yang terekspose mampu dicernai dengan baik dan mengetahui arah tujuannya ”, imbuhnya.
Dalam kesempatan itu pula Daniel Susilo moderator kuliah umum inipun mengatakan bahwa  mengelola proses komunikasi di era digital saat ini adalah pekerjaan tidak mudah. “Oleh karena itu kami (Fikom) mendatangkan pakarnya untuk membuka wawasan baru mahasiswa Magister Ilmu Komunikasi agar update ilmunya disamping itu juga di harap ikut mereduksi akibat berita hoax di lingkungannya ”, kata dosen muda Fikom Unitomo ini.
Dijelaskan pula oleh Daniel Susilo kuliah umum kali ini bertujuan untuk memaparkan pengetahuan dan kritikal komunikasi khusus mahasiswa S-2 Magister Ilmu Komunikasi sedangan pada hari Senin (23/7) akan diadakan pula kuliah umum serupa bagi mahasiswa S-1 Ilmu Komunikasi dengan narasumber Prof. Dr Jamilah Ahmad., Ph.D., FIPR dari Universiti Sains Malaysia, serta diskusi kajian Ilmu Komunikasi ini akan dilanjutkan Fikom Unitomo pada penyelenggaraan ajang ICCR-2018 (International Conference of Communiaction Science Research) pada Selasa sampai Rabu (24-25/7) yang akan datang di  Hotel Santika Premiere Surabaya.(ADB)