Detail Berita

Image

Sabtu (07/07), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Dr. Soetomo (FKIP Unitomo) menggelar Seminar Nasional dengan mengangkat tema "Tantangan Pendidikan Berkarakter Humanis di Era Milenial". Bertempat di Auditorium Ki. H. Moh. Saleh, kegiatan ini dibuka Siti Marwiyah, Wakil Rektor I. "Ini kegiatan yang sangat menarik, mengingat kita memang ditengah arus kekuatan digital yang semakin mengikis sisi humanis diri kita. Melalui kegiatan ini kita akan menjadi pribadi yang bijak dalam menyikapi era milenial", ujarnya saat memberikan sambutan.

Kegiatan yang diikuti sekitar 400 peserta dari kalangan mahasiswa ini mendatangkan dua narasumber yakni Sam Abede Pareno, Guru Besar Fakultas Ilmu Komunikasi Unitomo dan Mustadji, Guru Besar Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Surabaya. Dalam paparannya Sam Abede mengatakan Era Milenial pada zamannya pernah terjadi di Era Kerajaan besar Nusantara yaitu Majapahit dan Sriwijaya. "Dulu Era Milenial di Nusantara mengalami masa kejayaan yang luar biasa, namun yang perlu diingat pada zaman itu masyarakat tetap Humanis", ungkap pria berdarah Ambon ini.

"Saat ini kita kembali mengalami Era Milenial, namun dengan kondisi masyarakat yang kurang humanis. Kita harus menengok sejarah agar tetap memiliki karakter yang humanis", imbuhnya

Sementara itu, dalam paparannya Mustadji mengatakan di Era Milenial yang harus disegerakan adalah menjawab tantangan pendidikan berkarakter humanis. "Ini adalah era yang sangat dinamis, perkembangan terjadi begitu pesat, jadi jangan berdiam diri meratapi nasib. Kita harus sigap menyikapi era milenial ini", kata pria kelahiran Tuban ini (WILD)