Detail Berita

Image

Sesuai dengan skedul yang telah di sepakati Jumat (29/6) Rektor beserta wakil rektor dan staf Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) mengadakan kunjungan kerja di Markas Koarmada II. Mewakili Panglima Komando Armada II RI Laksamana Muda TNI Didik Setiyono, S.E., M.M., rombongan di terima hangat di Ruang VIP markas Koarmada II, Ujung Surabaya. oleh Kepala Staf Koarmada II Laksamana Pertama TNI-AL. I Nyoman Gde Sudihartawan, S.Pi., M.M.,.

Dalam sambutannya Sudihartawan mengaku TNI AL sangat terbuka dengan upaya kerjasama dengan perguruan tinggi seperti Unitomo. “Unitomo termasuk kampus terkenal di Surabaya, sudah banyak Staf kami yang kuliah dan sudah menjadi alumni di Unitomo baik S-1 dan S-2, Ujar Jenderal bintang 1 ini.

Pada sambutan balasannya Bachrul Amiq rektor Unitomo banyak mengungkap memori kedekatan Unitomo dengan TNI Angkatan Laut. “Secara informal kerjasama pendidikan tinggi telah lama terjalin. Terbukti sudah banyak alumni kami dari kalangan perwira AL”, ujar Amiq.

“Kami merasa bangga dan berterima kasih kepada pimpinan Angkatan Laut yang telah memberikan kepercayaan kepada Unitomo sebagai tempat studi lanjutnya”, imbuhnya.

Pada kesempatan kunjungan itu rektor Unitomo mengusulkan beberapa bentuk kerjasama Tridharma Perguruan Tinggi dengan Koarmada II dalam bentuk draft kerjasama pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.

“Pada prinsipnya kami tidak keberatan. Karena draft kerjasama ini adalah payung hukum yang akan mendasari semua kegiatan Unitomo dan Koarmada II dan akan kami kaji dahulu”, kata Sudihartawan

Rangkaian kunjungan rektor diakhiri dengan pertukaran cindera mata antara rektor Unitomo dan Laksamana Pertama TNI-AL. I Nyoman Gde Sudihartawan, S.Pi., M.M., mewakili Panglima Koarmada II, selanjutnya rombongan berkesempatan touring berkunjung ke KRI Bima Suci.

Sehubungan dengan kunjungan kerja rektor Unitomo di Koarmada II tersebut dilaksanakan pula acara Komunikasi Sosial (Komsos) di Gedung Panti Tjahaja Armada (PTA) di Koarmada II Ujung Surabaya yang mengundang 200 remaja dari berbagai organisasi sosial dan keagamaan termasuk 50 mahasiswa Unitomo dari berbagai fakultas. Dalam kegiatan tersebut mereka diajak membahas beberapa isu kebangsaan serta kenegaraan. Adapun maksud dan tujuan kegiatan seminar dan motivasi ini adalah agar mereka lebih paham arti bela negara dan mempertahankan NKRI.(ADB)