Detail Berita

Image

Rabu (30/05), Fakultas Ilmu Komunikasi  Universitas Dr. Soetomo (Fikom Unitomo) bersama Komisi Pemilihan Umum Jawa Timur (KPU Jatim) menggelar Talkshow Pendidikan Politik dengan mengangkat tema "Pemilih Kritis, Pemilu Yang Objektif". Bertempat di Auditorium Ki Moh Saleh, kegiatan ini memberikan wawasan kepada pemilih pemula yang notabennya mahasiswa. "Partisipasi pemilu sangat kurang, apalagi kalangan mahasiswa. Sebagai kalangan akademisi kita harus kritis dan cerdas dalam menentukan hak pilih. Melalui seminar ini kita akan tau betapa pentingnya memberikan hak pilih", ungkap Redi Panuju, Dekan Fikom saat membuka Talkshow Pendidikan Politik.

Kegiatan yang diikuti sekitar 500 mahasiswa ini mendatangkan 2 narasumber diantaranya Mahmud Suhermono, Wakil Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jatim dan Choirul Anam, Komisioner KPU Jatim. Dalam paparannya, Mahmud menjelaskan pemilih pemula banyak digiring oleh opini yang disampaikan oleh media. "Apa yang ditayanglan oleh media jangan semata mata ditelan begitu saja informasinya, kita harus memfilter segala penayangan agar bisa objeltif dalam menentukan pilihan", katanya.

Sementara itu, Chairul Anam menegaskan sebagai pemilih pemula jangan sampai membuang sia-sia hak pilih yang dimiliki. Karena menurut data yang ada, pemilih di Jatim hanya 60% - 70% yang menggunakan hak pilihnya. "Kita begitu menyadari, pemilih pemula sangat perlu disosialisasikan tentang hak pilih. Hal demikian agar mahasiswa, sebagai pemilih pemula tidak memaksakan idealismenya untuk golput atau tidak menggunakan hak pilihnya", ungkapnya. (JAY/WILD)