Detail Berita

Image

Selama ini kegiatan kepramukaan sering terlihat hanya sebagai pelengkap kegiatan ekstrakurikuler saja di sekolah, namun tentu akan menjadi hal yang positif jika dikembangkan dalam perguruan tinggi. Lebih dari itu bila dicermati dan dirasakan langsung berbagai pengalaman dan pengetahuan yang didapat dari kegiatan tersebut tentulah kegiatan kepramukaan memiliki manfaat yang luar biasa dalam pengembangan karakter.

Selasa (15/05), menyikapi hal tersebut, Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) resmi mendirikan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pramuka yang dikukuhkan langsung Soffian Hari, Wakil Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Surabaya. Bertempat di Ruang RM Soemantri, kampus berjulukan kebangsaan dan kerakyatan ini resmi menjadi Gugus Depan (Gudep) 08-057 dan 08-058. Rektor Unitomo, Bachrul Amiq yang juga dikukuhkan sebagai Majelis Pembina Gugus mengaku bersemangat menjalani amanah yang diberikan. "Ini adalah kegiatan yang sangat bermanfaat. Saya sangat meyakini pendidikan kepramukaan saat ini telah dianggap mampu membina para generasi muda mencapai potensi spiritual, sosial, intelektual untuk membentuk kepribadian dan akhlak mulia, menanamkan semangat kebangsaan, cinta tanah air dan bela negara", ujarnya saat memberikan sambutan usai pengukuhan.
 
Dalam UKM Pramuka yang baru dikukuhkan ini terdapat 20 Pandega yang siap membentuk program kerja untuk segera direalisasikan dalam satu tahun masa bakti. Soffian Hari, Wakil Kwarcab Kota Surabaya memberikan pesan kepada Pandega yang telah dikukuhkan agar selalu bersemangat dalam melakukan kegiatan kepramukaan. "Saya mengharapkan adek-adek pandega di Unitomo menjadi generasi emas di masa depan. Gerakan pramuka jadikam wadah kegiatan anak muda yg menciptakan suasana yang aman, damai dan sejahtera", ungkapnya.

Sementara itu, Nuki, Ketua Gudep 08-057 Pangkalan Unitomo saat ditemui usai pengukuhan mengatakan kegiatan Pramuka sudah diikuti sejak SMA. "Saya sangat senang jika saat menjadi mahasiswa pun masih bisa mengikuti kegiatan kepramukaan, karena saya sejak SMA memang senang mengikuti Pramuka", ungkap mahasiswa FKIP semester 6 ini. (WILD)