Detail Berita

Image

Selasa (08/05), Dewan Legeslatif Mahasiswa (DLM) Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) gelar Kuliah Kebangsaan bertemakan "Bersama Membangun Indonesia dalam Multi Kultur dan Agama". Kegiatan ini dibuka Rektor, Bachrul Amiq yang mengatakan kesatuan bangsa Indonesia harus dijaga. "Kita harus senantiasa menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), melalui kegiatan seperti inilah kita bangun karakter kita agar dekepannya kesatuan bangsa ini akan tetap terjaga", ujarnya.

Kegiatan yang diikuti sekitar 500 mahasiswa ini mendatangkan Wakil Kepala Kepolisian Daerah Jawa Timur (Wakapolda Jatim), Widodo Eko Prihastopo; Bupati Kabupaten Sampang, Jonathan Judianto dan Koordinator Kopertis Wilayah VII, Suprapto. Dalam paparan kuliah kebangsaan ini, Wakapolda Jatim, Widodo Eko Prihastopo menekankan Kebhinnekaan Indonesia bisa kuat karena pemuda. "Kami sangat mengapresiasi kampus Unitomo yang selalu menjunjung tinggi pentingnya menjaga bangsa ini. Mahasiswa yang berasal dari berbagai suku dan budaya bersatu menjaga bangsa Indonesia", ungkapnya.

Di tengah kegiatan, DLM Unitomo bersama Wakapolda Jatim, Koordinator Kopertis Wilayah VII, Bupati Kabupaten Sampang dan Rektor beserta seluruh peserta mendeklarasikan menjaga keutuhan NKRI. "Mari kita serukan deklarasi ini dengan sepenuh hati, kami putra putri Indonesia, terdiri dari berbagai suku, agama, bahasa keturunan menyatakan menjunjung tinggi ideologi Negara Pancasila", ujar Husen Rumaf, Ketua DLM menyerukan salah satu butir-butir deklarasi.

Ditemui di sela kegiatan, Koordinator Kopertis Wilayah VII, Suprapto mengatakan tidak salah jika Unitomo memiliki tagline kampus kebangsaan dan kerakyatan. "Tidak banyak kampus yang ada di Jawa Timur terus menjaga nyala api kesatuan NKRI melalui acara seperti ini", ujarnya.

Sementara itu, Bupati Sampang, Jonathan Judianto menambahkan mahasiswa Unitomo harus tetap menjaga semangat kebhinnekaan. "Saya sungguh bahagia menghadiri acara ini, dimana nuansa keberagaman sangat kental dan kesatuannya sangat kuat", imbuhnya. (JAY/WILD)