Detail Berita

Image

Bertempat di Auditorium RM Soemantri, Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) menggelar workshop bertemakan "Pentingnya Jabatan Fungsional Dosen dalam Pengembangan Institusi Perguruan Tinggi". Selasa, (17/04), Rektor Unitomo, Bachrul Amiq, menyampaikan kegiatan ini sebagai pembelajaran bersama untuk menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam mengembangkan perguruan tinggi menuju kampus unggul. "Kegiatan ini akan memberikan banyak manfaat, perlu diketahui masih banyak dosen yang belum memiliki jabatan akademin. Untuk itu kita perlu pelajari bersama melalui kegiatan ini", ujarnya mengawali kegiatan workshop.

Kegiatan yang dihadiri sekitar 100 peserta dari Dosen Unitomo maupun beberapa kampus mitra lainnya ini mendatangkan Direktur Karier dan Kompetensi SDM Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Kemenristekdikti RI), Bunyamin Maftuh. Dalam paparannya Bunyamin menyampaikan masih banyak Dosen yang belum memiliki jabatan akademik, hal ini disampaikan berdasarkan kondisi Dosen Nasional saat ini yang dipantau oleh Kemenristekdikti. "Banyak faktor yang menyebabkan dosen tidak memiliki jabatan fungsional, salah satunya kurang memikirkan karya ilmiah. Hal ini harus segera ditangani, sebagai seorang Dosen harus benar-benar memahami kariernya, mulai dari Asisten Ahli, Lektor, Lektor Kepala hingga Profesor", ujarnya.


Bunyamin menambahkan, menjadi dosen harus memiliki semangat dalam meniti karier. "Jangan berhenti pada suatu jabatan akademik tertentu, misal yang sudah menjadi Asisten Ahli harus bersemangat untuk bisa menjadi Lektor, pun jabatan akademik selanjutnya. Karena mimpi terbesar dosen yakni mampu menjadi Profesor", imbuhnya.

Ditemui di sela kegiatan, Cicilia Tantri, Dekan Fakultas Sastra Unitomo mengaku termotivasi untuk dapat naik jabatan akademik menjafi Lektor Kepala. "Saya menjadi lebih optimis untuk mengembangkan karier dosen, karena ini saya sudah lama menjadi Lektor. Langkahnya saya harus giat melakukan penelitian ilmiah dan tentunya mampu terpublikasi di lingkup Internasional", katanya. (WILD)

Materi dapat didownload melalui link di bawah ini:

https://drive.google.com/open?id=1AaItzgAdtTjD12fevQIebY6GvyscPHRA