Detail Berita

Image

Senin, (16/04), Fakultas Pertanian (FP) Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) menggelar kuliah tamu bertemakan “Food Sensory Science”. Bertempat di Auditorium RM Soemantri kampus Unitomo, Kegiatan ini dibuka Wakil Rektor I, Siti Marwiyah, “Kuliah tamu seperti ini sangat bermanfaat bagi peserta yang hadir, karena dapat sharing akan ilmu pengetahuan”, ujarnya saat memberikan sambutan.  

Kegiatan yang dihadiri sekitar 80 peserta dari kalangan dosen dan mahasiswa FP Unitomo ini mendatangkan Kiki Fibrianto, Dosen Teknologi Pangan Universitas Brawijaya. Dalam paparannya Kiki mengatakan makanan dan minuman disebut memiliki kualitas sensori tinggi apabila direspon secara positif oleh indera manusia dan dapat menghasilkan kesan subjekitf yang menyenangkan dan memuaskan harapan konsumen.  

“Ilmu ini sangat kita perlukan untuk kehidupan sehari-hari, terlebih bagi kita yang ingin mencoba peluang bisnis bidang kuliner. Pengujian sensori diperlukan dalam pengembangan produk baru dan mengidentifikasi posisi produk terhadap produk competitor”, ujar alumnus The University of Queensland ini.
 

Sementara itu, Dekan FP Unitomo, Ahmad Kusyairi mengatakan kebutuhan pengetahuan akan sensori makanan sangat diperlukan ditengah maraknya makanan siap saji yang menjamur di segala penjuru. “Ini akan menjadi bekal bagi peserta yang hadir agar lebih selektif dalam memilah makanan. Memang kita tidak mungkin akan menguji setiap makanan serumit menguji dengan uji laboratorium, namun paling tidak secara garis besar kita bisa melakukan uji sensori dengan indera yang kita miliki seperti yang disampaikan oleh pemateri”, ujar insinyur perikanan ini. (WILD)