Detail Berita

Image

Rabu, (11/04), Fakultas Sastra (FS) Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) Program Studi Sastra Jepang menggelar "Nihongo Benron Taikai" yang berarti Lomba Pidato Bahasa Jepang. Mengawali acara, kegiatan ini dibuka Dekan FS Unitomo, Cicilia Tantri. "Kegiatan ini akan memfasilitasi mahasiswa sastra Jepang Unitomo yang kuat dalam segi bahasa Jepang, untuk mengekspresikannya dalam lomba Pidato", ujarnya saat memberikan sambutan.

Diikuti 10 peserta dari program studi sastra Jepan Unitomo, kegiatan ini mendatangkan 4 juri yang berasal dari Jepang, diantaranya Mantan Konjen Jepang, Masaki Takano; Dosen, Kazumi; Ueda dan Mahasiswa Jepang yang sedang belajar di Indonesia, Takamatsu.  Mahasiswa. Keempatnya terkesan melihat penampilan setiap peserta. "Saya senang melihat peserta yang begitu fasih berbahasa Jepang, bahasa asal kami", ungkap Kazumi, Native Speaker Sastra Jepang saat ditemui di sela kegiatan.


Lomba pidato kali ini, juara pertama diraih M. Afifudin, mahasiswa sastra Jepang semester 2; juara kedua Ilma Istianah, mahasiswa sastra Jepang semester 8 dan juara ketiga Rahma Bunga Arum Pakarti, mahasiswa sastra Jepang semester 4. “Ketiganya memang layak mendapatkan juara, dilihat dari cara penyampaian, bahasanya yang fasih dan penampilan saat berpidato memang bagus”, kata Masaki Takano usai memberikan hadiah.

Sementara itu, Nafa, mahasiswa FS Jepang mengaku senang bisa mengikuti Lomba Pidato ini, selain bisa mengasah kemampuan, juga mampu mengasah mental. "Kapan lagi kita bisa berbicara dengan bahasa Jepang dihadapan orang asal Jepang. Jadi sudah bukan juara lagi yang menjadi prioritas saya, namun juga untuk menunjukkan kepada para juri asal Jepang bahawa kita bisa berbaur dengan media berbahasa sama seperti mereka", kata mahasiswa semester 4 ini. (Wild)