Detail Berita

Image

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Koperasi Mahasiswa (Kopma) Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) bersama seluruh gerakan Koperasi Pemuda Indonesia (Kopindo) di Jawa Timur berkomitmen bekerjasama dalam mereposisi peran pemuda secara kelembagaan di Jatim dalam menjawab tantangan global, para generasi milinial koperasi ini menuangkan ide serta gagasan dalam talkshow “Re-Branding Peran Kopindo Sebagai Koperasi Kader di Era Milenial”. Bertempat di Aula Ki Moh Saleh, selain talkshow, dalam kegiatan ini ada pelantikan pengurus Kopindo Koordinator Wilayah Jawa Timur (Korwil Jatim) Periode 2018-2020, Selasa (27/3).

Dihadiri sekitar 300 peserta dari mahasiswa unitomo dan Kopma Unitomo dan Kopindo Korwil Jatim, kegiatan ini diawali dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Unitomo dan Kopindo Pusat. "Melalui kegiatan ini, kita akan memperkuat kader-kader yang berkualitas pada ranah perkoperasian", ujar Suyanto, Wakil Rektor 3 Unitomo saat memberikan sambutan.

Kegiatan yang dikemas dalam talkshow ini menghadirkan 3 narasumber diantaranya, Tri Harsono, Ketua Dekopinwil Jatim; Sri Untari, Praktisi Koperasi/DPRD Jatim; Mas Purnomo Hadi, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Jatim dan Pendi Yusup, Ketua Umum Kopindo Pusat. Dalam paparannya, Pendi menyampaikan kegiatan ini dapat menjadi penjembatan antara Kopindo dengan Pemerintah.

“Ini merupakan wadah bagi para pemuda dalam membentuk karakter berorganisasi dalam bidang perkoperasian. Kita akan menjadi inisiator dengan menyinergikan antar lembaga dan tentunya menghasilkan kinerja yang jauh lebih maksimal di tengah tantangan era global ini.”, kata Pendi.

Pendi menambahkan “Selain itu langkah ini akan menjadi contoh awal kepada semua lembaga baik tingkat regional maupun nasional untuk bersama sama melakukan sinergi dalam melakukan pendampingan terhadap koperasi pemuda di Indonesia", imbuhnya.

Selain Pendi, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Jatim, Mas Purnomo Hadi mengakui era global saat ini sudah saatnya segala pihak harus paham segala perkembangan teknologi. “Di era generasi milenial sekarang ini yang segala sesuatunya bisa di dapat hanya melalui Tap to Screen koperasi harus mampu untuk ambil bagian dalam penguasaan teknologi informasi dan digitalisasi, kalau itu tidak dilakukan maka koperasi hanya sebagai penonton tanpa bisa melakukan peran apapun, saatnya pemuda yang berkarya demi kemajuan masa depan koperasi di Jawa Timur", ujar Hadi yang juga alumni Unitomo ini.

Ditemui di sela kegiatan, Nindy Rizki Kharisma Wijayanti, salah satu mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unitomo yang telah dilantik sebagai pengurus Kopindowil Jatim mengatakan kedepannya akan fokus pada pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) dan kelembagaan. "Harapannya dengan kepengurusan baru ini semoga Kopindo lebih dikenal dan makin banyak koperasi pemuda yg bergabung menjadi anggota Kopindowil Jatim", kata Bendahara Umum Kopindowil Jatim ini. (Wild)