Detail Berita

Image

Dalam dunia modern seperti sekarang, dunia global menjadikan bahasa asing sebagai salah satu hal yang penting dalam hal berkomunikasi. Menguasai bahasa asing, maka memiliki rasa toleransi dan tenggang rasa yang tinggi. Ini yang melatar belakangi Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) Lenguage and Culture Center (ULCC) mengadakan acara “Motivation in Foreign Lenguage Learning”, Selasa (13/3).


Bertempat di ruang F. 409 Gedung F Unitomo, acara dihadiri sekitar 80 peserta mahasiswa unitomo. Acara tersebut menghadirkan dua pembicara yang pandai dalam bahasa asing, yakni Seigo Hagimori asal Setsunan University untuk bahasa Jepang dan David Munir Iswarah untuk bahasa Inggris. Kedua pembicara tersebut memberikan motivasi belajar bahasa asing kepada peserta yang hadir.

Ditengah acara, Seigo sering kali mengatakan bahwa belajar bahasa asing ini bukan hal yang sulit untuk dipahami. “Saya punya cara tersendiri dalam mempelajari bahasa, yakni datang langsung ke Negara yang saya akan pelajari bahasanya”, ujar pria asal Jepang ini. 

Seigo menambahkan, selain belajar bahasa, otomatis akan belajar budaya. “Dengan datang langsung, kita bisa berbaur dengan masyarakat asli”, imbuhnya

Berbeda dengan Seigo, David yang pandai berbaha Inggris memberikan motivasi agar tidak bosan menghafal kosa kata. “Kita harus konsisten dalam menghafal setiap kosa kata yang akan kita pelajari. Salah tidak masalah, yang penting kita gunakan kosa kata tersebut dalam berbicara sehari-hari”, kata guru bahasa Inggris di Kampung Inggris Pare ini.

Ditemui usai acara, Sony Harianto, mahasiswa FKIP Unitomo mengaku jadi termotivasi setelah mengikuti acara tersebut. “Jujur, saya jadi pengen belajar bahasa Jepang setelah mendengar apa yang dikatakan Seigo tadi. Tentu saya juga harus lebih bersemangat mematangkan bahasa Inggris saya”, ujar mahasiswa semeseter 2 prodi pendidikan bahasadan sastra Indonesia ini.